Advertisement

Cara Mengatasi Perut Kembung Secara Tradisional

Anda tentunya pernah mengalami perut kembung bukan? Banyak yang mengira bahwa orang yang mengalami perut kembung hanyalah mereka yang sering berpergian. Tapi, sebenarnya itu hanyalah salah satu dari penyebab perut kembung lho. Anda yang seharian di rumah juga bisa mengalami perut kembung. Makanan justru menjadi faktor penyebab perut kembung yang paling umum terjadi. Perut kembung sendiri dikarenakan adanya gas yang berlebihan di dalam oragan pencernaan, seperti: lambung dan usus. Anda dapat dengan mudah mengatasi perut kembung dengan meminum obat magh. tapi bagi Anda yang tidak suka obat, ada kok solusi lainnya. Inilah cara mengatasi perut kembung secara tradisional:

1.      Wedang jahe

Kandungan gingerol yang ada pada jahe dapat membantu mengurang jumlah gas yang ada dalam perut sehingga Anda tidak merasa kembung lagi. Rasanya yang hangat akan membawa kenyamanan di perut. Tentunya ini bukan jenis obat yang akan membuat Anda merasa terpaksa untuk meminumnya dan menjadi cara mengatasi perut kembung secara tradisional yang patut dicoba.

2.      Lemon hangat

Meminum lemon hangat juga menjadi cara mengatasi kembung secara tradisional. Minumlah lemon hangat di pagi hari untuk mencegah atau pun mengobati perut kembung Anda. Anda pun dapat menambahkan madu sebagai pemanis.

3.      Labu

Buah labu memiliki kandungan vitamin A, kalium dan kaya akan serat yang dapat memperlancar saluran pencernaan dan membuang gas yang berlebihan di dalam perut. Dengan khasiatnya itu buah labu juga dapat menjadi makanan yang enak sekaligus cara untuk menyembuhkan perut kembung Anda.

4.      Yogurt

Sebuah penelitian menyebutkan bahwa bakteri baik yang terdapat pada yogurt dapat membantu proses pencernaan berjalan lancar dan mengurangi kembung. Minuman berasa asam ini dapat menjadi salah satu cara mengatasi perut kembung secara tradisional yang dapat diandalkan.

5.      Teh peppermint

Rasa mint dalam teh peppermint akan merasuk ke dalam perut beberapa saat setelah di minum yang akan membuat gas-gas dalam perut berkurang jumlahnya. Selain itu, meminum teh ini juga dapat menyembuhkan kram pada perut serta mengobati sakit kepala.

6.      Bawag merah

Bawang merah juga dipercaya dapat mengatasi perut kembung. Adapun cara mengatasi perut kembung secara tradisional dengan bawang merah ini dilakukan dengan membalurkan bawang merah ke perut. Terlebih dulu parutlah bawang merah kemudian campur dengan minyak telon atau kayu putih. Setelah itu oleskan ke perut secara merata. Sebaiknya Anda melakukannya pada malam hari menjelang akan tidur dimana Anda tidak membutuhkan banyak pergerakan sehingga parutan bawang merah itu tidak bertaburan kemana-mana. Anda pun dapat merasakan hasilnya setelah terbangun di pagi hari

Nah, itulah beberapa cara tradisional yang dapat anda lakukan ketika mengalami perut kembung. Cara tersebut tidak susah untuk dicoba bukan?

loading...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *