Makanan Untuk Mencerdaskan Otak Anak

Makanan Untuk Mencerdaskan Otak Anak – Siapa sih yang tidak ingin anaknya cerdas? Semua orang tua pastinya menginginkan hal tersebut. Memiliki anak yang sehat dan cerdas tentunya menjadi kebanggaan bagi orang tuanya. Namun untuk dapat membuat anak menjadi cerdas tidak luput dari asupan gizi yang diperolehnya setiap hari. Pada masa pertumbuhan sangat diperlukan asupan gizi yang baik agar kelak anak dapat tumbuh menjadi orang yang sehat dan cerdas.

Namun tidak semua orang tua tahu dan menyadari akan hal tersebut padahal gizi merupakan faktor utama yang dapat membantu meningkatkan kecerdasan otak anak. Ketika anak berusia 0 sampai 5 tahun, pada masa tersebut merupakan masa yang paling tepat untuk memberikan nutrisi yang bagus. Vitamin C dan omega 3 merupakan salah satu nutrisi yang dapat mencerdaskan otak anak dan kandungan tersebut terdapat pada berbagai jenis makanan seperti ikan dan buah-buahan.

Agar anak dapat tumbuh cerdas sejak usia balita perlu ditambahkan gizi pembangun yaitu makanan yang banyak mengandung protein, vitamin dan mineral untuk menunjang pertumbuhan dan perkembangan otak anak. Berikut ini ada beberapa jenis makanan yang dapat mencerdaskan otak anak salah satunya yaitu.

Makanan Untuk Mencerdaskan Otak Anak

Ikan – Ikan memiliki kandungan asam lemak omega 3 yang dapat mencerdaskan otak. Ada beberapa jenis ikan yang memiliki kandungan tersebut diantaranya seperti ikan salmon, sarden dan ikan tuna. Ketiga jenis ikan ini memiliki kandungan omega3 yang tinggi. Untuk itu agar anak dapat tumbuh cerdas, silahkan anda gunakan ketiga jenis ikan ini sebagai makanan sehari-hari untuk anak anda.

Telur – Bagian kuning pada telur ayam memiliki kandungan asam amino yang tinggi dan kandungan tersebut dipercaya dapat memberikan nutrisi yang baik bagi otak sehingga daya ingat otak menjadi lebih tajam. Anda dapat mengolah telur menjadi bermacam-macam jenis makanan sesuai selera anak.

Alpukat – Alpukat biasanya kita olah untuk dibuat jus. Berdasarkan penelitian menyebutkan ternyata jika seorang anak diberi asupan alpukat secara rutin maka dapat meningkatkan fungsi kerja otak serta mencegah otak mengalami penuaan dini. Hal ini dikarenakan alpukat mengandung vitamin E dan antioksidan aktif yang secara langsung melindungi otak dari berbagai gangguan.

Oatmeal – Oatmeal merupakan jenis sereal yang sangat populer dikalangan remaja saat ini. Makanan ini kaya akan nutrisi yang penting bagi otak dan didalam oatmeal juga tersedia energi sebagai bahan bakar tubuh untuk dapat beraktifitas setiap hari. Oatmeal banyak mengandung serat, vitamin E, vitamin B, potasium dan seng yang dapat membuat otak dapat berfungsi secara penuh.

Kacang-kacangan – Makanan yang berasal dari kacang-kacangan banyak mengandung protein dan karbohidrat kompleks. Ada berbagai macam jenis kacang-kacangan dan semuanya sangat bermanfaat terutama untuk mempertajam ingatan serta meningkatkan kemampuan berfikir otak dari pagi ketika anda memulai aktifitas hingga sore hari. Untuk itu jika anda ingin anak anda cerdas, beri asupan kacang-kacangan secara rutin.

Daging Sapi Tanpa Lemak – Zat besi merupakan jenis nutrisi mineral esensial yang dapat membantu anak tumbuh sehat dan cerdas. Dengan mengkonsumsi daging sapi tanpa lemak maka daya ingat dan daya konsentrasi anda akan meningkat. Dengan mengkonsumsi 1 ons daging sapi setiap hari maka tubuh akan mendapat bantuan untuk melakukan penyerapan zat besi dari sumber lain.

Usahakan setiap hari anak selalu mendapat asupan makanan yang bergizi untuk memenuhi kebutuhan nutrisi setiap harinya. Masih banyak jenis makanan untuk mencerdaskan otak anak yang mungkin belum kami sebutkan satu persatu namun yang jelas dari keenam jenis makanan diatas jika dikonsumsi secara rutin maka dapat membuat otak anak menjadi cerdas dan daya ingatnya menjadi tajam. Sekian dan Terima kasih.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *