Cara Mengobati Diare Secara Alami

Diare

Diare atau mencret merupakan maslah yang sering dialami dan hal ini terjadi karena gangguan pada sistem pencernaan usus besar yang tidak normal. Orang yang terkena diare biasanya akan lebih sering mengalami BAB (Buang Air Besar) bahkan hingga berpuluh-puluh kali dalam satu hari. Penyakit ini memang tidak berbahaya karena tidak menyebabkan kematian, namun jika dibiarkan maka tubuh anda akan terasa lemas dan tidak bisa melakukan aktifitas secara normal.

Ada berbagai hal yang dapat menyebabkan seseorang terkena diare salah satunya karena faktor makanan. Mengkonsumsi makanan yang terlalu pedas dapat menyebabkan seseorang terkena diare, selain itu juga hal lain seperti stres, mengkonsumsi alkohol, konsumsi makanan asam dapat membuat diare semakin parah. Untuk mengobati diare biasanya kita menggunakan larutan oralit sebagai pengganti cairan tubuh yang hilang, namun tidak seluruhnya dapat mengatasi diare yang kita alami. Untuk itu, disini kami akan memberikan beberapa tips atau cara yang bisa anda lakukan untuk mengobati diare secara alami.

Tips Cara Mengobati Diare Secara Alami

  1. Menggunakan Yoghurt
    Yoghurt merupakan susu yang difermentasi, pada awalnya banyak yang kurang mempercayai akan manfaat yoghurt bahkan yoghurt juga dianggap sebagai salah satu penyebab diare, tetapi fakta menyebutkan bahwa mengkonsumsi Yoghurt dapat meningkatkan sistem imun sehingga kita terhindar dari masalah sistem pencernaan seperti diare. Yoghurt juga memiliki kandungan bakteri baik Bifidobacterium Bidiful dan Lactobacillus Acidophilus yang dapat menyeimbangkan sistem saluran pencernaan.
  2. Menggunakan Ramuan Teh Herbal
    Ada setidaknya dua jenis teh yang dapat mengatasi diare yaitu teh chamomile yang berfungsi untuk memenangkan usus ketika terkena diare dan teh peppermint yang berfungsi sama dengan teh chamomine yaitu menenangkan usus yang kejang. Konsumsi dua jenis teh ini secara rutin maka akan mempercepat proses penyembuhan diare yang anda alami.
  3. Menggunakan Pisang
    Pisang merupakan buah yang sangat famillyar dikalangan masyarakat Indonesia. Buah ini memiliki kandungan potasium yang cukup tinggi sehingga dapat menggantikan cairan yang hilang akibat diare. Pisang memiliki tekstur yang lembut sehingga mudah dicerna. Untuk mengobati diare menggunakan pisang, anda bisa mengkonsumsinya secara rutin selama diare anda belum sembuh.
  4. Menggunakan Saus Apel
    Apel memiliki tekstur yang keras dan dapat menyebabkan pencernaan bekerja lebih keras saat tubuh mendapat asupan buah apel. Namun untungnya disini apel memiliki kandungan yang baik seperti pisang dan dapat mempercepat penyembuhan diare. Buatlah apel menjadi saus yang bisa anda konsumsi setiap hari.
  5. Menggunakan Daun Jambu Biji
    Daun Jambu biji yang masih muda sangat bermanfaat untuk mengatasi masalah pada pencernaan seperti diare. Anda cukup membuat ramuan yang terbuat dari daun jambu biji atau anda juga bisa memanfaatkan jambu bijinya. Jambu biji memiliki sifat sepat yang dapat menyumbat dan menghambat diare.

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*