Makanan Wajib Untuk Ibu Menyusui

Ibu Menyusui

Makanan Wajib Untuk Ibu Menyusui – Menyusui merupakan suatu kewajiban yang harus dilakukan seorang ibu terhadap anaknya yang masih balita. ASI merupakan asupan yang paling baik bagi anak terutama pada bayi yang berusia dibawah satu tahun. Dengan memberikan nustri sehat yang berasal dari ASI maka anak dapat tumbuh dan berkembang dengan baik. Mungkin ada beberapa orang yang sengaja tidak memberikan asi secara langsung kepada anaknya karena dinilai dapat membuat tubuh dan payudaranya kendur sehingga tidak menarik. Tetapi dalam hal ini yang perlu diperhatikan adalah kesehatan dan perkembangan anak. Anak membutuhkan banyak asupan nutrisi yang berasal dari ibunya.

Untuk bisa mendapatkan ASI dengan kualitas baik, seorang ibu juga harus memperhatikan asupan makanan yang dikonsumsinya. Ada beberapa jenis makanan atau minuman yang dilarang untuk dikonsumsi oleh ibu yang tengah menyusui salah satunya adalah kopi, coklat, teh dan beberapa jenis minuman kaleng lainnya. Merokok dan mengkonsumsi alkohol juga tidak boleh dilakukan seorang ibu yang tengah menyusui.

Seorang ibu harusnya mengkonsumsi makanan yang bergizi dan mengandung nutrisi tinggi agar anak dapat memperoleh asupan tersebut dari asi yang ia minum. Dari berbagai macam jenis makanan, ada beberapa jenis yang wajib dan diharuskan untuk dikonsumsi oleh ibu menyusui. Berikut informasinya.

Makanan Wajib Untuk Ibu Menyusui

Ikan Salmon – Ikan salmon merupakan jenis ikan yang banyak mengandung DHA dan omega 3. Kandungan tersebut sangat baik untuk perkembangan sistem syaraf pada bayi sehingga kelak anak dapat tumbuh menjadi cerdas. Selain itu dengan mengkonsumsi makanan yang banyak mengandung DHA, maka akan membantu mood anda dan mengurangi resiko anak terkena baby blues.

Daging Sapi Tanpa Lemak – Makanan yang banyak mengandung zat besi sangat disarankan kepada wanita yang tengah menyusui dan jenis makanan yang banyak mengandung zat tersebut adalah daging sapi tanpa lemak. Kekurangan zat besi akan menguras energi anda sehingga anda akan mengalami kesulitan untuk bersaing dengan tuntutan anak yang baru lahir. Daging sapi juga banyak mengandung protein dan vitamin B12 yang bisa menjadi sumber energi yang baik bagi keduanya.

Sayuran Hijau – Ada berbagai jenis sayuran hijau seperti bayam, kangkung dan brokoli. Sayuran tersebutkaya akan vitamin A yang perlu didapat oleh bayi melalui ASI. Selain itu, sayuran juga bisa menjadi sumber kalsium non susu, zat besi, vitamin C dan antioksidan.

Kacang-kacangan – Jenis kacang-kacangan yang berwarna gelap seperti kacang hitam dan kacang merah merupakan makanan yang baik untuk ibu menyusui. Makanan ini merupakan sumber zat besi dan protein dengan kualitas non hewani sehingga anda bisa mendapatkan asupan protein dengan harga yang lebih murah.

Telur – Pada bagian kuning telur terdapat kandungan vitamin D. Vitamin D ini sangat penting untuk membentuk tulang anak agar lebih kuat dan merangsang pertumbuhan anak lebih cepat. Konsumsilah telur dadar atau telur ceplok setiap hari agar kebutuhan vitamin untuk anak dapat tercukupi.

Buah Jeruk – Kebutuhan vitamin C dalam dosis tinggi sangat penting bagi ibu yang sedang menyusui dan jenis makanan yang banyak mengandung vitamin tersebut terdapat pada buah jeruk. Anda dapat mengkonsumsi jeruk secara langsung atau bisa juga dengan dibuat jus jeruk. Anda dapat membeli jus jeruk yang banyak dijual disupermarket. Jus yang dijual sudah diperkaya dengan kandungan kalsium sehingga anda akan mendapatkan manfaat ganda dari minuman ini.

Jika bayi memiliki alergi terhadap makanan tertentu, maka sebaiknya anda juga tidak mengkonsumsi makanan tersebut karena bisa menyebabkan anak mengalami alergi lewat ASI yang anak konsumsi. Terimakasih.

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*