Perbedaan Nasi Putih dan Nasi Merah Untuk Kesehatan Tubuh

Nasi Putih dan Nasi Merah

 

Kebanyakan orang memilih nasi putih sebagai makanan pokok  setiap hari. Namun pernahkah kamu mengganti nasi putih ke nasi merah? Benarkah nasi merah memiliki kandungan yang lebih baik dan lebih cocok dijadikan menu diet yang menyehatkan?

Penelitian menyebutkan bahwa nasi putih maupun nasi merah sama – sama baik untuk dijadikan makanan pokok setiap hari. Namun dengan catatan, ketika dikonsumsi keduanya dikonsumsi dalam jumlah yang tepat dan dibarengi dengan mengkonsumsi makanan lainnya yang lebih sehat seperti ikan, sayuran maupun buah – buahan.  Sebenarnya memang ada perbedaan dasar dari kedua jenis nasi tersebut. untuk mengetahui perbedaan nasi putih dan nasi merah untuk kesehatan tubuh, berikut informasinya.

  • Nasi  putih

Perbedaan nasi putih dan nasi merah pertama adalah nasi putih memiliki rasa yang lebih enak, manis dan lebih gurih. Makanan pokok yang satu ini juga bisa menstimulus nafsu makan dengan baik. Berbagai macam kandungan nutrisi didalamnya seperti karbohidrat,vitamin, glukosa dan yang lainnya. Mengkonsumsi nasi putih dalam porsi yang tepat dapat membantu tubuh merasa kenyang, melancarkan sistem pencernaan, menambah energi tubuh, dan tidak mengandung lemak. Namun kamu juga perlu berhati – hati, mengkonsumsi nasi putih yang berlebih dapat berbahaya untuk tubuh karena dapt memicu risiko diabetes, obesitas dan bahkan jantung.

  • Nasi merah

Perbedaan nasi putih dan nasi merah selanjutnya, jika dibandingkan dengan nasi putih, nasi merah ini lebih mengenyangkan, dan memiliki bau yang cukup menyengat serta teksturnya yang lebih kasar dan lebih padat. Berbagai macam kandungan nturisi yang ada dalam nasi merah diantaranya adalah zat besi, karbohidrat, mineral, serat, lemak dan beberapa senyawa antosianin yang bermanfaat baik yang dapat menyembuhkan beberapa penyakit kronis.

Mengkonsumsi nasi merah dalam porsi yang tepat dapat membantu tubuh memiliki sistem pencernaan yang sehat, dapat menstabilkan gula darah dan mampu menurunkan kolesterol dalam tubuh. namun sama seperti halnya nasi putih, mengkonsumsi nasi merah dalam jumlah yang berlebih juga dapat menyebabkan terjadinya obesitas dan berbagai risiko penyakit berbahaya lainnya.

Itulah perbedaan nasi putih dan nasi merah untuk kesehatan tubuh. Setelah mengetahui perbedaan dari nasi putih dan nasi merah, mana menurut kamu yang lebih sehat? Menurut para ahli nutrisi dan kesehatan mengungkapkan bahwa kedua nasi tersebut sebenarnya sama baiknya selama dikonsumsi dalam porsi yang tepat dan dibarengi dengan mengkonsumsi makanan lainnya yang menyehatkan. Mengkonsumsi nasi merah tidak akan berpengaruh pada kesehatan tubuh apalagi untuk menurunkan berat badan jika kamu mengkonsumsinya dalam jumlah yang berlebih atau tidak dibarengii dengan penerapan pola hidup sehat. Untuk kamu yang mengkonsumsi nasi putih setiap hari dan memiliki pola hidup sehat juga menjamin tubuh kamu tetap sehat. Semoga bermanfaat.

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*